https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    Covid-19 di Riau Melonjak, Ahli Epidemiologi Jelaskan Pentingnya Vaksinasi

    Dokumentasi Istimewa - MR | Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan

    RiauLapor.com, Pekanbaru - Sejak beberapa hari belakangan ini kasus Covid-19 di Riau terus mengalami peningkatan. Jika hari-hari sebelumnya penambahan kasus baru hanya berkisar 20 hingga 30an kasus. Namun sejak dua hari terakhir ini penambahan kasus baru pasien terkonfirmasi Covid-19 di Riau diatas 40an kasus.

    Hal itu disampaikan oleh Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan, ia memprediksi tren peningkatan kasus ini akan terus meningkat hingga bulan Desember.

    "Tren nya naik terus, diprediksi ini akan terjadi sampai Desember, nanti Desember itu lah puncaknya," ujarnya, Minggu (13/11/2022). 

    Untuk mengantisipasi hal itu, Wildan menyebutkan, tidak ada cara lain untuk mengatasi hal itu, selain dengan memperketat kembali penerapan protokol kesehatan. Khususnya menggunakan masker dan menjauhi kerumunan.

    "Kemudian yang tidak kalah pentingnya lagi adalah vaksinasi harus dilengkapi sampai dosis ketiga (booster). Kalau sudah dibooster kena pun nanti virus ini tidak akan berat gejalanya," kata Wildan.

    Hal yang sama sebelumnya juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin. Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Riau agar kembali memperketat protokol kesehatan dan melengkapi vaksinasi hingga dosis ketiga.

    Imbauan ini disampaikan Zainal menyusul ditemukannya kasus Covid-19 varian baru XBB di Batam. Bahkan pada Kamis (10/11/2022) kemarin, Kementerian Kesehatan RI melaporkan Indonesia sudah mencatat total 48 pasien COVID-19 dengan subvarian Omicron XBB. Hampir separuh kasus XBB di RI berasal dari Batam.

    "Tidak ada cara lain untuk menangkal penyebaran nya selain dengan memperketat protokol kesehatan dan melengkapi vaksinasi," kata Zainal. (MR/sa)*