https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    Dua Rakit PETI di Desa Teratak Jering Dimusnahkan Polsek Kuantan Hilir

    Polisi memusnahkan Rakit PETI di desa Teratak Jering, kuantan hilir seberang, Jum'at (18/11/2022)

    RiauLapor.com, Kuantan Singingi - Polsek Kuantan Hilir Polres Kuansing melaksanakan Operasi Penertiban Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah hukum Polsek Kuantan Hilir, jumat (18/11/2022) sekira pukul 13.00 WIB.

    Dua unit rakit dompeng di aliran sungai bendungan desa Teratak Jering Kecamatan Kuantan Hilir Seberang Kabupaten Kuantan Singingi Riau, dimusnahkan pihak kepolisian.

    Hal itu disampaikan Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK M.Si melalui Kapolsek Kuantan Hilir AKP H. Yuhelmi dalam keterangan resminya, Sabtu (19/11/2022).

    "2 (dua) unit rakit dompeng berhasil ditertibkan dengan melakukan penindakan dan pembakaran pada mesin rakit dompeng," ujarnya.

    Penindakan itu dilakukan saat Kapolsek Kuantan Hilir AKP H. Yuhelmi dan personelnya menyisir di aliran sungai bendungan desa Teratak Jering Kecamatan Kuantan Hilir Seberang yang meresahkan warga.

    Kata Kapolsek, penertiban PETI saat ini bermula dari informasi masyarakat bahwa adanya dugaan tindak pidana atau peristiwa aktivitas pertambangan tanpa izin yang terjadi di aliran sungai bendungan desa Teratak Jering Kecamatan Kuantan Hilir Seberang Kabupaten Kuantan Singingi.

    "Aktivitas PETI tersebut juga berdampak pada lingkungan air yang tercemar karena aliran sungai tersebut akan digunakan oleh masyarakat untuk mengairi persawahan di Kenegerian Koto Rajo Kecamatan Kuantan Hilir Seberang," jelasnya.

    Kapolsek mengatakan, dalam operasi ini pihaknya tidak dapat mengamankan pelaku, karena lokasi berupa hamparan terbuka seluas sekitar 10 Ha dan rakit dompeng terletak ditengah-tengah hamparan. Dengan begitu kedatangan petugas diketahui oleh pelaku.

    "Saat personel Polsek Kuantan Hilir sampai dilokasi, ditemukan 2 unit rakit dompeng yang sedang beraktifitas. Namun saat akan melakukan penangkapan, pelaku langsung melarikan diri ke kebun karet tua dan berhasil meloloskan diri," terang AKP H. Yuhelmi.

    Selanjutnya, "Personil melakukan pemusnahan 2 unit Rakit Dompeng di aliran sungai bendungan desa Teratak Jering Kecamatan Kuantan Hilir Seberang agar tidak dapat digunakan dan beroperasi lagi," tutup Kapolsek mengakhiri keterangannya.

    (Sulmadri SP)