https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    Modus Beli HP Baru, Pelaku Bawa Lari Motor Korban dan Berakhir di Polsek Tenayan Raya 

    YS (39) Tersangka penggelapan sepeda motor, Senin (5/12/2022)

    RiauLapor.com, Pekanbaru - Polsek Tenayan Raya, Polresta Pekanbaru, berhasil mengamankan seorang perempuan pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor.

    Pelaku berinisial YS (39) diamankan polisi saat berada di Jalan Desa air Panas Siasam, Kecamatan Pendalian IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau, pada Kamis (01/12/2022) sore kemaren, sekitar pukul 17.30 WIB.

    Kapolsek Tenayan Raya, AKP Bagus Harry Priyambodo mengatakan, bahwa kejadian tersebut bermula saat korban yang bernama Yani Fatma Ningsih di ajak oleh tersangka (Baru Kenal) ke Harapan Ponsel yang berada di Jalan Harapan Raya, Kelurahan Pematang Kapau, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru untuk membeli Handpone untuk korban.

    "Modusnya, pelaku akan membelikan handphone untuk korban, Selanjutnya, di toko itu pelaku menyuruh Korban untuk memilih Handphone. Kemudian pelaku berpura-pura kepada Korban ingin mengambil uang di ATM dan meninggalkan korban di Toko Ponsel Harapan Ponsel tersebut sambil membawa sepeda motor milik korban," kata Kapolsek Tenayan Raya, Sabtu (3/12/2022) pada wartawan.

    Selanjutnya Kapolsek mengatakan, setelah lama menunggu, Namun pelaku tidak kunjung datang, sehingga korban menghubungi orang tuanya untuk menjemputnya di harapan ponsel tersebut.

    "Karena merasa dirugikan oleh pelaku, Korban melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Tenayan Raya guna pengusutan lebih lanjut," kata Kapolsek.

    Kapolsek menambahkan, mendapati laporan tersebut kemudian Unit Reskrim polsek Tenayan Raya melakukan penyelidikan dan berusaha menangkap pelaku. Setelah dilakukan pencarian di berbagai tempat akhirnya pelaku berhasil diamankan di wilayah Kecamatan Pendalian IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, pada Kamis (01/12/2022) sore kemaren, sekitar pukul 17.30 Wib.

    Berdasarkan keterangan tersangka, sepeda motor yang dibawanya (digelapkan) itu, dipergunakannya sehari-hari. Saat ini pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolsek Tenayan Raya.

    Atas perbuatannya, pelaku kita jerat dengan pasal 378 KUHP junto pasal 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan dengan ancaman hukuman hingga 4 tahun penjara,” pungkasnya.