https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    RS Otak dan Jantung Akan Dibangun Kemenkes RI di Riau, Gubernur Perintahkan Siapkan SDM

    Gubernur Riau H Syamsuar

    RiauLapor.com, Pekanbaru -  Gubernur Riau H Syamsuar, meminta dinas kesehatan dan Direktur Umum Rumah Sakit Daerah (RSUD) Riau, untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM). Yang dipersiapkan untuk mengisi Rumah Sakit (RS) Otak dan Jantung Pemerintah Pusat yang akan dibangun di Pekanbaru.

    Penegasan permintaan SDM itu disampaikan oleh Gubernur Syamsuar, setelah Kementrian Kesehatan RI diperintahkan Presiden RI Joko Widodo untuk membangun Rumah Sakit Otak dan Jantung di Provinsi Riau. Dimana, nantinya rumah sakit itu ditarget akan diresmikan oleh Kepala Negara pada tahun 2024.

    Selain itu, dari Ditjen Kemenkes juga telah meninjau lokasi pembangunan RS Otak dan Jantung, di Jalan Garuda Sakti, Panam, Pekanbaru.

    “SDM yang berkaitan dengan otak, yang berkaitan dengan jantung, tolong dibekali berapa sebetulnya jumlah dokter yang dibutuhkan dokter otak dan jantung. Dari kementrian kesehatan kita mendapat bantuan alat kesehatan Rp150 miliar lagi, nah ini upaya pemerintah bagaimana meningkatkan pelayanan. Tapi ini tidak hanya di dokter saja, termasuk perawat,” tegas Samsuar, saat memimpin rapat koordinasi bersama Kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau, Jumat (20/1/2023).

    “Tolong ini disesuaikan juga, jangan nanti, nanti (ditunda), sekarang ini siapkan. Tapi yang diminta Pak Menteri putra putri daerah, bahkan minta sama saya ini kalau bisa yang sekarang ini yang bekerja di luar daerah, di Jakarta dimana saja putra daerah dibawa ke sini (Riau),” lanjut Gubri.

    Dijelaskan Syamsuar untuk meningkatkan SDM di bidang kesehatan yang ada di Riau, Kementrian Kesehatan RI juga sudah menyiapkan beasiswa bagi putra putri terbaik Riau, untuk menjalani pendidikan bidang kesehatan terutama untuk dokter. Gubri kembali menegaskan pihak terkait jangan sampai terlambat mengambil kesempatan yang diberikan Pemerintah Pusat. 

    “Menteri Kesehatan siap memberikan beasiswa kepada putra daerah untuk beasiswa, cepat kita ambil (dimanfaatkan). Saya sudah bilang ini, jangan nanti terlambat yang jelas sebelum masa jabatan presiden berakhir rumah sakit ini sudah diresmikan. Setelah diresmikan kita menyiapkan SDM, baik yang ada di dalam negri dan di luar negeri, dibiayai nanti beasiswanya,” jelas Gubri.

    Sebelumnya Presiden  RI Joko Widodo berencana untuk membangun Rumah Sakit Otak dan Jantung di Provinsi Riau. Ini setelah beberapa waktu lalu Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Riau.

    Setelah itu, Gubernur Riau menemui Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, di Kantor Kemenkes RI di Jakarta. Pertemuan untuk menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi. Tidak berapa lama pihak kementerian melakukan peninjauan ke Riau terkait persiapan pembangunan rumah sakit tersebut.