https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    Polresta Pekanbaru Menggelar Operasi Tertib Ramadan Lancang Kuning 2023, 11 Pos Pengamanan Didirikan

    Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Dr Pria Budi SIK MH

    Pekanbaru, RiauLapor.com - Terhitung sejak tanggal 23 maret hingga tanggal 16 april 2023, Polresta Pekanbaru dan jajaran menggelar Operasi Cipta Kondisi dengan sandi 'Tertib Ramadan', untuk menciptakan suasana kondusif disaat umat muslim, khususnya masyarakat Pekanbaru yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

    Hal itu disampaikan Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Dr Pria Budi SIK MH kepada media di Pekanbaru, Jum'at (24/3/2023). Ia mengatakan, dalam pelaksanaan Operasi Tertib Ramadhan 2023 ini, Polresta Pekanbaru menghadirkan 11 Pos Pengamanan.

    "Polresta Pekanbaru mendirikan Pos Pengamanan di Sudirman Trade Center (STC) Jalan Sudirman, Mall SKA Jalan Soekarno Hatta, Simpang BPG Jalan Hang Tuah, Pasar Rumbai Pesisir Jalan Khayangan, Pasar Wisata Senapelan, Pos Gurindam 3 Jalan Sudirman, Pasar Cik Puan Jalan Tuanku Tambusai, Pelabuhan Sungai Duku, Senapelan Plaza Jalan Teuku Umar, Pusat perbelanjaan Hawai Jalan Durian, dan di belakang halte PCR Jalan Yos Sudarso rumbai," urainya.

    Pelaksanaannya, sebut Pria Budi, Polisi akan melakukan upaya edukasi serta pendekatan kepada seluruh masyarakat guna terciptanya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif.

    "Diharapkan, dengan berdirinya Pos pengamanan ini, dapat memberikan rasa aman dan perlindungan kepada masyarakat selama pelaksanaan ibadah puasa Ramadan," sebutnya.

    Selanjutnya Kombes Pria Budi menyebutkan, biasanya trend peristiwa di bulan Ramadan identik dengan kenakalan remaja seperti Asmara Subuh (Asbuh) yang tak jarang berujung menjadi penyebab tawuran hingga balap liar khususnya diwaktu subuh yang tidak sedikit menimbulkan korban jiwa.

    "Dari trend kebiasaan yang muncul tersebut, Polisi akan benar - benar hadir di tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman di bulan suci Ramadan di jam - jam rawan dengan menempatkan personil bhabinkamtibmas di setiap masjid dan personil di lokasi rawan kejahatan," sebutnya lagi.

    Selain dari itu, Polresta Pekanbaru juga akan berpatroli dalam operasi ini, terutama jelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

    "Seperti diketahui, nanti disaat Hari Raya Iedul Fitri, banyak rumah yang kosong ditinggal mudik ke kampung halaman. Selain patroli dari kami, Kami juga berharap kerjasama warga setempat, diharap masyarakat bisa memberi informasi terhadap orang yang mencurigakan atau kegiatan-kegiatan yang meresahkan," tambahnya lagi.

    Menambahkan keterangannya, Kombes Pria Budi mengatakan operasi ini sebagai antisipasi meningkatnya tindak kejahatan seperti kenakalan remaja, pencurian, bongkar rumah dan perampokan lainnya, baik itu dipusat keramaian, toko hingga para nasabah bank.

    "Silahkan seluruh masyarakat kota Pekanbaru untuk berkoordinasi dengan Kepolisian terkait pengamanan dan pengawalan jika hendak membawa uang dalam jumlah besar, tentunya pelayanan tersebut gratis," tegas Kombes Pria Budi menutup wawancara.