https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    Cegah Beras Sintesis, Sekdako Tegaskan Bakal Ada Tim Pengawas Peredaran Beras di Pekanbaru

    Indra Pomi Nasution, Sekdako Pekanbaru

    Pekanbaru, RiauLapor.com - Adanya kabar peredaran beras sintesis di pasaran membuat masyarakat resah. Kondisi ini membuat Pemerintah Kota Pekanbaru meningkatkan upaya pengawasan terhadap peredaran beras.

    Kabar beredarnya beras sintesis menjadi perhatian Pemko lewat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru bisa koordinasi dengan lembaga perlindungan konsumen.

    "Nantinya keduanya bisa aktif mengawasi dugaan perbedaan beras sintesis ini," tegas Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menjawab awak media pada Selasa, (31/10/2023) di Pekanbaru.  

    Menurutnya, sampai saat ini pemerintah kota masih belum menerima informasi terkait adanya beras sintesis di pasaran. Ia mengajak masyarakat untuk ikut mencegah peredaran beras sintesis di pasaran. "Masyarakat bisa melaporkan temuan beras sintesis itu kepada dinas terkait," paparnya.

    Indra Pomi menyebut bahwa pasokan komoditi beras di Kota Pekanbaru dipastikan cukup. Apalagi pasokan beras di gudang Bulog masih mencukupi kebutuhan masyarakat. "Pasokannya cukup, termasuk pasokan beras cadangan pemerintah juga mencukupi," jelasnya.

    Dia menyebut pengawasan tidak hanya terhadap beras saja. Tapi juga terhadap komoditi bahan pangan lainnya juga harus dalam pengawasan. "Apabila ada penyimpangan dalam peredaran komoditi pangan itu silahkan lapor ke Disperindag," ulasnya.

    Sementara, Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin juga memastikan belum ada temuan beras sintesis. Namun pihaknya tetap melakukan pengawasan terhadap peredaran beras di pasaran. "Kalau beras sintesis kita pastikan belum ada temuan di pasaran, semoga itu cuma hoax," ungkapnya.

    Pihaknya mengaku siap menerima laporan dari masyarakat. Mereka bakal menindaklanjuti laporan terkait dugaan peredaran beras sintesis.***