https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    Diberi Numpang Tinggal, Pria Ini Malah Curi Motor dan Kuras Isi ATM

    RR (21) tersangka (istimewa)

    Pekanbaru, RiauLapor.com - Seorang pria berinisial RR (21) warga Desa Keritang, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hillir, ditangkap Opsnal Unit Reskrim Polsek Bukit Raya, Minggu (31/12/2023) sekitar pukul 08.00 Wib.

    Pria tersebut ditangkap Polisi usai dilaporkan mencuri satu unit sepeda motor serta uang di ATM milik Sugiarti (41) orang yang telah membantunya.

    Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jeki Rahmat Mustika saat dikonfirmasi wartawan melalui Kapolsek Bukit Raya, AKP Syafnil mengatakan, pelaku diamankan usai pihaknya menerima laporan korban.

    "Dimana dalam laporan tersebut, pelaku telah melakukan pencurian sepeda motor merk Honda Supra x 125 warna hitam No Pol BM 3118 AAZ milik korban beserta STNK dan BPKB nya, selain itu korban juga mencuri ATM dan menguras isi tabungan korban sebesar Rp.5 juta," kata  AKP Syafnil, Selasa (2/1/2024).

    Kapolsek menjelaskan, aksi pencurian tersebut berawal saat korban berkenalan dengan pelaku. Beberapa hari sebelum kejadian, pelaku yang mengaku belum memiliki tempat tinggal di Kota Pekanbaru ini kemudian ditawarkan korban untuk tinggal dirumahnya yang berada di Jalan KH Nasution, Gang Bambu, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

    Selama tinggal bersama korban, pelaku terbilang rajin membersihkan rumah sehingga bisa masuk ke kamar korban.

    Kesempatan tersebut ternyata dimanfaatkan oleh pelaku untuk melihat isi lemari korban yang berisi sejumlah barang berharga. Walaupun begitu, pelaku saat itu tidak langsung mengambilnya barang-barang tersebut.

    Dihari terahir, tepatnya pada Jumat (10/11/2023) siang, sekitar pukul 11.00 Wib, pelaku baru menjalankan aksinya dengan mengambil STNK serta BPKB sepeda motor milik korban. Selain itu, pelaku juga mengambil kartu ATM Bank BRI milik Korban.

    "Pelaku sempat tinggal di rumah korban selama beberapa hari dan di hari terakhir pelaku meminjam sepeda motor kepada korban dengan alasan pergi membeli obat ke Apotik, korban yang tidak curiga meminjamkan sepeda motornya tersebut kepada pelaku, namun sampai sore pelaku tidak kembali lagi," kata Kapolsek. 

    Korban kemudian mengecek isi lemari pakaian miliknya dan ternyata STNK dan BPKB sepeda motor miliknya pun sudah tidak ada lagi didalam lemari, selain itu kartu ATM Bank BRI milik korban pun hilang dibawa kabur oleh pelaku.

    "Mengetahui kartu ATM nya hilang, Korban pun langsung mengecek isi saldo rekeningnya, ternyata isi saldonya sudah dikuras oleh pelaku," kata AKP Syafnil.

    Akibat perbuatan pelaku, korban mengalami kerugian sekitar Rp20 juta dan melaporkan aksi pencurian tersebut ke Polsek Bukit Raya untuk ditindak lanjuti.

    "Usai menerima laporan korban, Kanit Reskrim, IPTU Lukman bersama tim opsnal langsung melakukan serangkaian penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku saat berada di Jalan Soebrantas Panam," kata Kapolsek.

    Dihadapan petugas, tambah Kapolsek, pelaku mengakui semua perbuatannya dan dari tangan pelaku petugas berhasil mengamankan barang bukti sepeda motor merk Honda Supra x 125 dengan No Pol BM 3118 AZ milik korban. Saat ini, pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolsek Bukit Raya guna menjalani proses hukum selanjutnya.

    "Sementara uang tabungan korban sudah habis digunakan pelaku untuk bersenang-senang. Atas perbuatannya, pelaku akan kita jerat dengan pasal 362 jo 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara," tutup Kapolsek.