https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    Kabur Hingga Tabrak Lari, Residivis Curat Ditembak Mati Polisi

    Tangkapan layar aksi tabrak pelaku curat saat akan ditangkap di simpang empat Jalan KH Ahmad Dahlan Teratai Sukajadi Pekanbaru lari dan Jenazah tersangka pelaku curat di RS Bhakti Polda Riau. (Istimewa).

    Pekanbaru, RiauLapor.com - Tim Resmob Jembalang Satreskrim Polresta Pekanbaru terpaksa menembak mati seorang pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) lantaran melawan petugas saat ditangkap.

    Pelaku sempat melakukan tabrak lari di simpang empat Jalan Ahmad Dahlan Teratai Sukajadi sebelum akhirnya dilakukan tindakan tegas oleh petugas di jalan Sudirman Pekanbaru, Jumat (24/5/2024) malam, sekitar pukul 20.00 Wib. Saat ini, jenazah pelaku telah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Riau.

    Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bery Juana Putra, Sabtu (25/5/2024) dini hari.

    Kompol Bery Juana Putra, Kasatreskrim Polresta Pekanbaru menjelaskan bahwa awalnya pelaku berinisial RR (39) hendak ditangkap oleh polisi di wilayah Sukajadi. Namun, saat hendak ditangkap, pelaku melarikan diri menggunakan mobil Sigra dan menabrak petugas serta masyarakat.

    "Dalam pelariannya tersebut, tersangka sempat menabrak seorang warga menggunakan sepeda motor hingga terseret puluhan meter," kata Kasat.

    Pelarian pelaku berakhir di Jalan Sudirman karena terjebak macet. Petugas saat itu melakukan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali, namun pelaku tidak mengindahkannya.

    "Sudah diberikan tembakan peringatan, namun pelaku tidak mengindahkannya. Kemudian, mobil dan pelaku juga kami tembak, tetapi pelaku tidak keluar dari mobil," ujar Kompol Bery.

    Akhirnya, petugas menembak bagian punggung kanan pelaku, yang mengakibatkan pelaku tewas di tempat.

    "Pelaku ini sudah residivis sejak dua tahun lalu. Ia sudah melakukan pencurian di toko hingga rumah dan beraksi di 3 TKP. Saat ini, kami masih mencari tahu siapa pemilik mobil yang digunakan pelaku," tambahnya.

    Para pengendara dan petugas yang ditabrak oleh pelaku saat ini sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit karena mengalami luka-luka.

    "Kami juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti alat yang digunakan pelaku saat beraksi diantaranya linggis dan sebo," kata Kasat.

    Barang bukti.

    Selain itu, lanjut Kasat, dari dalam tas tersangka pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti uang hasil kejahatan sebesar Rp.6 juta.

    "Dari saku celana tersangka kita berhasil mengamankan 2 paket sedang narkotika jenis sabu," kata Kompol Bery.

    Kasat menambahkan, saat ini pihaknya masih memburu rekan tersangka berinisial E serta mencari senjata api milik tersangka.

    "Rekan tersangka berinisial E masih kita buru, menurut informasi tersangka memiliki senjata api," tutup Kasat.