https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    Minum Air Sachet Kemasan di Kantin Sekolah, 30 Siswa SDN di Meranti Keracunan

    Ilustrasi sakit perut keracunan (internet)

    Pekanbaru, RiauLapor.com - Sebanyak 30 siswa siswi SDN 5 Dwi Tunggal Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti Riau keracunan usai meminum kemasan sachet di kantin sekolah. Para korban sempat dibawa ke puskesmas.

    Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Kurnia Setyawan mengatakan kondisi para pelajar itu kini sudah membaik setelah dilakukan tindakan medis di puskesmas pembantu terdekat.

    "Ada 30 korban, seluruhnya siswa SDN 05. Saat ini para siswa siswi sudah dipulangkan ke rumah masing-masing karena kondisinya sudah baik," ujar Kurnia kepada media center Riau, Kamis (30/5/2024).

    Kurnia menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Rabu (29/5) sekitar pukul 17.00 Wib. Para siswa awalnya membeli minuman sachet di kantin sekolah SDN 05 Desa Dwi Tunggal, Jalan Parit Lapis Kecamatan Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti.

    Karena khawatir, Wulandari langsung mengarahkan para guru wali kelas untuk melakukan observasi terhadap murid-muridnya yang lain. Hasilnya, bukan 8 siswa saja, total ada 30 Murid juga mengalami mual dan muntah.

    "Setelah diobservasi ternyata ada 30 siswa yang keracunan. Lalu kepala sekolah mengarahkan murid untuk mendatangi Puskesmas Tanjungsamak untuk dilakukan pertolongan pertama," jelasnya. 

    Usut punya usut, 30 murid tersebut ternyata mengkonsumsi minuman ringan kemasan sachet yang dibeli dari kantin sekolah. Tak ayal, pihak sekolah langsung memeriksa minuman dari kantin tersebut.

    "Diamankan 2 satu bungkus minuman sachet, 1 bungkus plastik berisikan air yang diambil dari kantin milik Buk Tutik, 1 bungkus plastik berisikan air yang diambil dari kantin milik inisial T," kata Kurnia.***