https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    KONI Riau Targetkan 25 Medali Emas di PON XXI 2024 Aceh - Sumut

    Dokumentasi Istimewa

    Pekanbaru, RiauLapor.com -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau telah menetapkan target untuk meraih 25 medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024.

    Hal ini disampaikan oleh Ketua KONI Riau, Iskandar Hoesen, di Gedung Daerah Balai Serindit, Kota Pekanbaru, Kamis (06/06) malam.

    "Target minimal perolehan medali emas yakni 25 medali emas. Target tersebut di harapkan dicapai pada 18 Cabor unggulan yang di tetapkan Koni Riau. Jika ini tercapai, mengalami peningkatan dari PON Papua yaitu 21 emas," ujarnya.

    Menurutnya, target ini merupakan hasil dari evaluasi prestasi yang telah dilakukan serta potensi atlet-atlet unggulan yang dimiliki oleh Riau. Dengan persiapan matang dan dukungan yang kuat dari Pemprov Riau dan stakeholder terkait, KONI Riau optimis dapat mencapai target yang diinginkan.

    "Pada PON sebelumnya Provinsi Riau menempati peringkat terbaik di Sumatera. Mengingat tuan rumah tahun ini adalah Aceh dan Sumut merupakan provinsi di Sumatera, kita bersaing ketat. Provinsi Riau tetap bertekad memberikan yang terbaik," terangnya.

    Dijelaskan, untuk persiapan peningkatan prestasi atlet, pihaknya telah menetapkan pelaksanaan pelatda selama 4 bulan. Terdiri dari 2,5 bulan pelatda berjalan yang dimulai pada 29 April dan 1,5 bulan pelatda penuh yang akan dimulai pada 13 Juli 2024.

    "Pelatda penuh tidak saja dilaksanakan di provinsi Riau tetapi juga di luar daerah seperti menitipkan atlet pelatnas atau pusat pelatihan serta di venue PON seperti cabang olahraga dayung di Aceh untuk menyesuaikan lapangan," jelasnya.

    Selain itu, ia menerangkan jumlah kontingen Riau yang mengikuti PON XXI sebanyak 558 orang. Dengan rincian 337 orang atlet, 88 orang pelatih, 11 orang teknisi, 41 manager, dan 81 ofisial kontingen.

    "Provinsi Riau mengikuti sebanyak 48 cabang olahraga, diantaranya di Provinsi Aceh 25 cabang olahraga dan di provinsi Sumatera Utara 23 Cabor. Terhadap atlet yang mengikuti PON ke-21, Koni Riau telah melakukan tes fisik dengan melibatkan tim ahli di ikatan olahraga nasional serta tes kesehatan bekerja sama dengan RSUD AA," terangnya.

    Sementara itu, Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto berpesan untuk seluruh atlet dapat menjaga kesehatan dan kebugaran fisik. Sehingga, nantinya atlet-atlet Riau siap memberikan yang terbaik untuk daerahnya dan mengharumkan nama Riau di kancah olahraga nasional.

    "Menghadapi PON ke-21 di Aceh dan Sumatera Utara ini, tentu kita berharap dapat memiliki hasil optimal dalam perolehan medali serta meraih peringkat sesuai dengan target yang telah ditetapkan," harapnya.***