https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    Dihadiri Pj Gubernur Riau, Pemko Pekanbaru Menggelar Gema Takbir Iduladha 1445 H di Masjid Ar-Rahman

    Pemukulan Beduk oleh Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto, Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa S.STP M.Si, dan Sekdako Indra Pomi Nasution ST M.Si Menandai Dimulainya Gema Takbir Idul Adha 1445 Hijriah di Kota Pekanbaru, Minggu (16/6/2024) - istimewa.

    / Pekanbaru

    Pekanbaru, RiauLapor.com -- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, menggelar kegiatan Gema Takbir Iduladha 1445 H di Masjid Paripurna Ar-Rahman di Jalan Jenderal Sudirman, pada Minggu (16/6/2024) malam.

    Gema Takbir Iduladha 1445 H diikuti secara langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Riau Ir H SF Hariyanto MT, Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa S.STP M.Si, Sekdako Indra Pomi Nasution ST M.Si dan pejabat di lingkup pemerintah kota Pekanbaru.

    Pelaksanan Gema Takbir Iduladha 1445 H ditandai dengan pemukulan beduk secara bersama - sama oleh Pj Gubri, Pj Walikota dan Sekdako Pekanbaru.

    Usai kegiatan, Pj Walikota Risnandar Mahiwa menyampaikan apresiasi atas kehadiran Pj Gubri pada Gema Takbir Iduladha 1445 H yang digelar Pemko Pekanbaru tersebut.

    "Kami ucapkan terima kasih kepada bapak gubernur, beliau hadir langsung di sini. Kami gak nyangka perhatian pak gubernur terhadap kami di Kota Pekanbaru (sangat tinggi)," ucapnya.

    Dikatakan Pj walikota, pada Iduladha tahun ini Pemko Pekanbaru tidak melaksanakan pawai takbir keliling. Takbir menyambut Iduladha hanya digelar di seluruh masjid paripurna.

    "Takbiran Idul Adha tahun ini, kita gelar di masjid-masjid dan semua masjid paripurna melaksanakan takbiran di tempat. Insyaallah kami akan berkeliling ke masjid paripurna yang tempatnya sudah ditentukan," ujarnya.

    Di kesempatan itu, Pj Wali Kota tak lupa mendoakan agar seluruh jemaah haji Indonesia bisa mendapatkan haji mabrur. 

    "Khususnya untuk (jemaah haji) Riau dan Kota Pekanbaru untuk bisa pulang, sehat wal afiat dan bisa kita sambut secara bersama-sama," imbuhnya.

    Kemudian, Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto menyampaikan, momen Iduladha tidak sekadar tentang kurban hewan ternak. Namun, juga memperingati keberanian dan pengorbanan Nabi Ibrahim dalam menaati perintah Allah.

    Lalu, ia mengingatkan akan pesan moral dari kisah Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan putranya, Ismail, atas perintah ilahi. Melalui semangat pengorbanan yang ditunjukkan Nabi Ibrahim, umat diajak untuk meneladani rasa keikhlasan dan kesetiaan dalam menjalankan perintah Allah SWT.

    "Dalam perayaan Iduladha ini, kita dapat mengambil hikmah dari perjuangan Nabi Ibrahim, bahwa tidak ada hal sukses tanpa adanya perjuangan dan pengorbanan," ucapnya.

    "Dengan semangat kebersamaan dan pengabdian, perayaan Iduladha tahun ini diharapkan menjadi momentum untuk lebih mendekatkan diri kepada nilai-nilai keagamaan, serta mempererat hubungan sosial di tengah tantangan yang dihadapi umat manusia saat ini," tutupnya.***