https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    OJK Sinergi dengan TPAKD, Perbankan dan PNM: Optimalkan Pembiayaan UMKM di Inhu

    Sinergitas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD Provinsi Riau dan TPAKD Kabupaten Indragiri Hulu

    RENGAT, Riau.Lapor.Com - Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau berkolaborasi dengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD Provinsi Riau dan TPAKD Kabupaten Indragiri Hulu menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kabupaten Indragiri Hulu. 

    Kegiatan yang juga melibatkan industri perbankan dan Permodalan Nasional Madani (PNM) dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman tentang konsep KUR dan pembiayaan ultra mikro (PNM Mekaar). 

    Peserta kegiatan terdiri dari 120 orang dengan latar belakang petani/nelayan, peternak, Kelompok Wanita Tani, UMKM, dan Industri Kecil Menengah (IKM). Pada kegiatan ini, peserta dibekali pemahaman mengenai tugas dan fungsi OJK, bijak mengelola keuangan, serta pemahaman tentang KUR dan pembiayaan ultra mikro berbasis komunitas (cluster). 

    Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Riau, Dra. Alzuhra Dini Alinoni, M.Si menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat mengenai pembiayaan usaha produktif, meningkatkan daya saing UMKM, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

    Diharapkan para pelaku UMKM di Kabupaten Indragiri Hulu dapat memahami dan memanfaatkan program KUR serta pembiayaan ultra mikro, untuk pengembangan usaha melalui penguatan modal yang disediakan oleh bank serta PNM.

    Dra. Alzuhra Dini Alinoni, M.Si  menambahkan, Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini, termasuk TPAKD Kabupaten Indragiri Hulu, Bank Riau Kepri Syariah, Bank BRI dan Permodalan Nasional Madani.

    Kepala OJK Provinsi Riau, Triyoga Laksito, pada sambutannya menyatakan, melalui kegiatan ini, diharapkan sinergi dan kerja sama para pihak, baik pemerintah, lembaga keuangan, pelaku usaha, maupun masyarakat, semakin kuat untuk menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan dan pengembangan ekonomi di Kabupaten Indragiri Hulu.

    “Sosialisasi ini juga merupakan momen penting untuk memperkenalkan berbagai program dan layanan yang tersedia bagi pelaku ekonomi di Kabupaten Indragiri Hulu,” tambah Triyoga.

    Pada sambutannya, Bupati Indragiri Hulu yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Joni Maryanto memberikan apresiasi kepada OJK yang selama ini telah mendukung secara aktif program peningkatan akses keuangan di Kabupaten Indragiri Hulu. “Kami berharap sinergi antara OJK dan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu dapat terus ditingkatkan untuk mendorong kesejahteraan petani/nelayan, UMKM, dan IKM di wilayahnya,” ujar Joni Maryanto.

    Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan simbolis penyaluran pembiayaan KUR dari Bank Riau Kepri Syariah kepada 3(tiga) UMKM Indragiri Hulu, dengan disaksikan oleh OJK, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu.(*)