https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Pascasarjana UNRI Dampingi Kelompok Usaha Ikan Hias Duta Guppy

    Tim Pengabdian kepada Masyarakat UNRI foto bersama Kelompok Usaha Duta Guppy.

    Pekanbaru, RiauLapor.com -- Duta Guppy merupakan kelompok kewirausahaan yang bergerak dalam bidang budidaya ikan hias yang diketuai oleh Dimas Gusriansyah. Usaha ikan hias ini belum berkembang secara optimal dikarenakan kurang tersedianya sarana prasara pendukung.

    Tim Pengabdian kepada Masyarakat dari Pascasarjana Universitas Riau (UNRI) melakukan pendampingan dengan motivasi usaha dan manajemen bisnis serta memberikan daya dukung dan resolusi yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok Duta Guppy dalam program pengembangan jiwa Aquapreneurship pada hari Rabu tanggal 3 Juli 2024.

    Program Pengabdian kepada Masyarakat ini diketuai oleh Dr. Trisla Warningsih S.Pi, M.Si dosen Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Perdesaan UNRI yang beranggotakan Dr. Ir. Henni Syawal, M.Si dosen Program Studi Budidaya Perairan UNRI  dan Dr. Zulkarnain, S.Pi , M,Si Ketua Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Perdesaan UNRI.

    Tim telah melakukan pemetaan dan wawancara mendalam terkait permasalahan yang dihadapi mitra dan prioritas permasalahan yang dinilai bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

    Dalam pengembangan jiwa Aquapreuneurship kelompok Duta Guppy, Dr. Zulkarnain S.Pi, M.Si, menyampaikan dalam melakukan usaha motivasi merupakan aspek yang sangat penting untuk mempertahankan kelangsungan usaha.

    "Yang terpenting dalam berwirausaha itu adalah motivasi, dengan adanya motivasi akan dapat membangun semangat dalam mengembangkan usaha agar usaha dapat berkelanjutan," jelas Dr. Zulkarnain S.Pi, M.Si.

    Sementara itu, Dr. Ir. Henni Sawal, M.Si. selaku dosen budidaya perairan menyampaikan materi pemanfaatan jamu fermentasi untuk meningkatkan kesehatan ikan.

    "Karena setiap jenis ikan memiliki permasalahan kesehatan yang berbeda beda dan cara mengatasinya juga berbeda beda," ujar Dr. Ir. Henni Sawal, M.Si.

    Sedangkan Dr. Trisla Warningsih selaku ketua tim menyampaikan dalam berwirausaha kita perlu membuat business plan dan pengelolaan keuangan usaha budidaya ikan hias.

    Karena ketika membangun usaha kita perlu membuat perencanaan yang matang untuk menjamin kesuksesan usaha kita," pungkas Dr. Trisla Warningsih pula.

    Harapannya, dengan suksesnya program Pengabdian Masyarakat ini akan dapat membangun jiwa Aquapreuneurship kelompok Duta Guppy, dan usaha ikan hias Kelompok Duta Guppy terus maju dan berkembang sesuai target.

    Sementara itu, Dimas, selaku Ketua Kelompok Usaha Duta Guppy merasa sangat senang atas program dari Tim Pengabdian kepada Masyarakat  Pascasarjana UNRI.

    "Melalui program ini kita dapat mengembangkan usaha kita dengan dukungan yang diberikan dan harapannya akan dapat terus ikut serta dalam program berikutnya, agar usaha ikan hias Kelompok Duta Guppy semakin maju dan berkembang," ujar Dimas, selaku Ketua Kelompok Usaha Duta Guppy.

    Pada kesempatan ini, Tim pengabdian juga menyerahkan bantuan peralatan budidaya ikan guppy berupa 20 unit aquarium ukuran 30x20x20, indukan ikan guppy sebanyak 3 pasang, rak display dan batu karang jahe. Bantuan ini, disambut ucapan terimakasih Kelompok Usaha Duta Guppy. (*)