https://www.riaulapor.com


  • Copyright © riaulapor.com
    All Right Reserved.
    By : Aditya

    Dikendalikan Oleh Narapidana, Polresta Pekanbaru Berhasil Ringkus 4 Orang Tersangka

    Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Dr Pria Budi, S.I.K., M.H saat menginterogasi tersangka, di Mapolresta Pekanbaru, Kamis (29/9/2022)

    RiauLapor.com, Pekanbaru - Satuan Reserse Narkoba Polresta Pekanbaru mengungkap penangkapan 4 orang tersangka diduga pelaku tindak pidana peredaran Narkotika, di dua tempat berbeda kota Pekanbaru.

    Empat tersangka yakni inisial JRD (38) dan WS (34), serta tersangka inisial RS (42) dan inisial F. Diamankan berserta barang bukti berupa Narkotika jenis Sabu seberat 197,6 Gram, Pil Ekstasi 4,093 Butir, dan Serbuk Ekstasi 3,437,44 Gram.

    Hal itu disampaikan Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Dr Pria Budi S.I.K., MH, di dampingi Kasatres Narkoba AKP Ryan Fajri SIK dan Kasi Humas Iptu Lukman saat menggelar konferensi pers di Halaman Mapolresta Pekanbaru Jalan A. Yani Pekanbaru, Kamis (29/9/2022).

    Kombes Pol Pria Budi menerangkan, bahwa pengungkapan ini berawal dari informasi soal kepemilikan Narkotika dari masyarakat yang diinformasikan ke Polsek Bukit Raya.

    Setelah dibuntuti, diketahui orang yang dilaporkan tersebut menuju Hotel Said / Ratu Mayang Garden di jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

    Selanjutnya, Tim Unit Reskrim Polsek Bukit Raya yang dipimpin langsung Oleh Kapolsek Bukit Raya AKP Syafnil SH berhasil mengamankan pelaku di kamar 154 beserta barang bukti Narkotika jenis sabu dan ekstasi.

    Selanjutkan, Tim melakukan koordinasi dengan Sat Resnarkoba Polresta Pekanbaru, untuk melakukan pengembangan.

    "Polsek Bukit Raya mendapat informasi terkait peredaran narkotika dari masyarakat, lalu melakukan penangkapan terhadap dua orang tersangka beserta barang buktinya," Papar Kapolresta Pekanbaru.

    Kapolresta menyebutkan, Tim menangkap para pelaku pada Senin (19/9/2022) lalu, berawal dari penangkapan dua tersangka yakni inisial JRD (38) dan WS (34) di hotel Said /Ratu Mayang Garden jalan Sudirman Pekanbaru dengan barang bukti berupa 4.093 butir pil ektasi dan 197,6 gram sabu oleh Tim Unit Reskrim Polsek Bukit Raya 

    Selanjutnya tim melakukan pengembangan atas temuan tersebut. Dari hasil pengembangan, Tim kembali mengungkap keberadaan anggota jaringan lainnya.

    "Kemudian melanjutkan pengembangan, besoknya (Selasa) Tim berhasil mengamankan satu orang tersangka lagi inisial RS (42)," Ungkap Kombes Pol Pria Budi.

    Ketiga tersangka ini diinterogasi, kemudian didapati hasil yang mencengangkan, ternyata jaringan ini dikendalikan oleh seorang Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan yang tengah mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Pekanbaru.

    "Ternyata, tersangka F yang merupakan Warga Binaan Lapas Pekanbaru, merupakan pengendali dari ketiga tersangka yang sudah diamankan," tambahnya.

    Sementara itu, Kasatresnarkoba Polresta Pekanbaru AKP Ryan Fajri menyebut bahwa ketiga tersangka ini memesan narkotika kepada tersangka F lewat aplikasi perpesanan.

    "Memesan barang (narkotika) via Whatsapp melalui F, setelah itu (tersangka F) menghubungi salah seorang di luar Lapas," urainya.

    Dari pengakuannya, aksi tersebut baru pertama kali dilakukannya. Tersangka F yang sedang menjalani masa tahanan itu juga merupakan tahanan dengan kasus yang sama.

    Dengan ini, Para tersangka akan disangkakan dengan Pasal 114 ayat (2) jo pasal 112 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika, pidana dengan ancaman hukuman mati, pidana seumur hidup, atau penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun. Tutup Kombes Pol Pria Budi.